Mantan Menteri Luar Negara

Mantan Menteri Luar Negara

Mantan Menteri Luar Negara Nikos Christodoulides Tersaring Jadi Kepala negara Siprus

Nicosia- Mantan menteri luar negara Nikos Christodoulides( 49) tersaring selaku kepala negara terkini Siprus dalam pemilu putaran kedua pada Pekan( 12 atau 2 atau 2023). Christodoulides berkomitmen buat menghidupkan balik dialog reunifikasi yang macet dengan Turki Siprus buat membuat rezim aliansi, di mana wanita hendak memuat separuh dari posisi di dewan menteri.

Dengan 100 persen suara berakhir dihitung, Christodoulides dikabarkan menang 51, 9 persen suara. Sedangkan rivalnya yang ialah duta pensiunan Andreas Mavroyiannis( 66) mencapai 48, 1 persen suara.

Mavroyiannis sendiri sudah membenarkan kekalahannya saat sebelum enumerasi suara berakhir.

Sepanjang ini, kampanye Christodoulides mengangkat aliansi, menjauhi keretakan pandangan hidup serta partai.

” Aku memandang mata Kamu seluruh serta dengan ikhlas berkomitmen: aku hendak melaksanakan seluruh yang aku dapat buat tampak pantas atas keyakinan Kamu,” tutur Christodoulides pada para pendukung pada reli kemenangannya semacam diambil dari AP pada Senin,( 13 atau 2).

Christodoulides membuat rujukan spesial atas guncangan Turki serta Suriah. Masyarakat Turki Siprus, tercantum badan regu bola voli, jadi bagian dari lebih 30. 000 korban berpulang dalam musibah itu.

” Kita turut berbelasungkawa serta aku mau memastikan mereka kalau kita berdiri di bagian mereka,” tutur Christodoulides.

Mavroyiannis, yang lebih dahulu berprofesi selaku delegasi besar Siprus buat PBB, sudah memposisikan dirinya selaku agen pergantian, yang hendak membawakan masa politik terkini sehabis satu dasawarsa rezim Kepala negara Nicos Anastasiades.

Ia maju selaku calon bebas, namun sokongan yang ia dapat dari partai AKEL yang bersumber komunis- partai politik terbanyak kedua di negeri itu- dipercayai sudah mendesak para pemilih buat mensupport Christodoulides.

Mantan Menteri Luar Negara

Berdialog di hadapan para pendukungnya, Mavroyiannis, yang pula kepala negosiator Anastasiades dengan masyarakat Turki Siprus, berkata kalau ia tidak hendak mengejar” kedudukan aktif serta setiap hari” dalam politik namun senantiasa mau menawarkan nasihatnya pada penguasa terkini bila diperlukan.

” Aku mau melafalkan aman pada Nikos Christodoulides atas kemenangannya serta mengharapkan lebih banyak kewenangan untuknya,” ucap Mavroyiannis.

Sesudah kemenangannya, Christodoulides berkata, ia sudah menyambut catatan perkataan aman dari para atasan bumi, tercantum Kepala negara Prancis Emmanuel Macron serta Pimpinan Panitia Ikatan Luar Negara Badan legislatif Amerika Sindikat Robert Menendez.

” Arah Eropa serta Barat negeri kita merupakan kompas senantiasa kita di era depan,” jelas Christoulides.

Christoulides memperoleh tantangan buat berupaya mengawali balik dialog rukun yang nyaris mati dengan masyarakat Turki Siprus, yang menyatakan kebebasan nyaris satu dasawarsa sehabis agresi Turki tahun 1974, menjajaki kudeta yang bermaksud buat bersuatu dengan Yunani.

Pernyataan potensial jadi lebih kompleks sehabis gagalnya dialog tahun 2017 di suatu resor di Swiss yang dipercayai banyak orang nyaris menciptakan inovasi.

Turki, ialah salah satunya negeri yang membenarkan kebebasan minoritas Turki Siprus. Ankara juga menganjurkan perjanjian 2 negeri, yang dengan jelas ditolak PBB, Uni Eropa, Amerika Sindikat, dan negara- negara lain.

Berita terbaru telah hadir slot server luar yaitu => akun pro kamboja

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *